NO WASTING TIME!

Thursday, May 4, 2017

PELAJARAN YANG BISA DIAMBIL DARI SHOLAT BERJAMAAH

Sebagai umat muslim Sholat merupaka ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat islam. Jumlahnya sudah sitentukan yakni lima waktu dalam sehari semalam. Namun demikian, banyak juga sholat sunah yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala kita. Seperti sholat Dluha, Sholat tahajud, atau sholat tarawih saat Bulan suci ramadlan.

Perintah sholat juga dibarengi dengan perintah untuk berjamaah. Atau sholat dengan bersama-sama. Dalam sholat wajib yang lima waktu kita dianjurkan untuk berjamaah daripada sendiri-sendiri. Karena dengan berjamaah, kita mendapatkan pahala 27 derajat. Tidak seperti sholat sendirian yang hanya mendapat 1 derajat saja.

Banyak nilai tambah dan juga pelajaran yang diambil jika kita sholat berjamaah. Melalui sholat jamaah Allah mengajarkan banyak hala kepada kita umatnya. Diantaranya :
·         Mempererat Silaturahim

Silaturahim merupakan kegiatan yang sangat berguna. Bahkan Nabi pernah bersabda Dalam sebuah riwayat , dari Anas r.a, ia berkata bahwa Rasullah saw bersabda, “Barangsiapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dilamakan bekas telapak kakinya (dipanjangkan umurnya), hendaknya ia menyambung tali silaturahmi. [Mutafaq ‘alaih]. Dengan demikian jelaslah bahwa silaturahim begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan berjamaah secara tidak langsung kita bisa bertemu dan bersilaturahim dengan para jamaah yang lain. Sehingga jalianan silaturahim senantiasa terjaga jika kita melanggengkan sholat berjamaah.

·         Mengajarkan untuk bersatu

Lurus dan rapatnya barisan dalam sholat berjamaah merupakan sempurnanya sholat berjamaah. Akan kurang sempurna jika dalam sholat berjamaah barisan kita tidak rapat dan juga tidak lurus. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus senantiasa merapatkan barisan, bersatu padu, bergotong royong dalam membangun bangsa juga bermasyarakat. Dengan berjamaah kita akan kompak dan sulit untuk dihancurkan. Berbeda jika hanya sendiri, kita akan mudah untuk ditumbangkan. Dalam sholat berjamaah kita di ajarkan untuk kompak. Ketika yang lain ruku, maka kita juga harus ruku, jika yang lain sujud, maka kita juga sujud.

·         Mengajarkan untuk menghargai waktu

Kita diajarkan untuk senantiasa menghargai waktu. Karena waktu tidak mungkin akan terulang. Jika kita menyiakan waktu, maka kita sebenarnya orang yang merugi. Dalam sholat berjamaah, kita diharuskan untuk dating sesuai dengan waktu yang ditentukan, jika kita terlambat, maka kita akan tertinggal dengan yang lain dan kita tidak bisa mengikuti sholat berjamaah.

·         Mengajarkan untuk tidak sombong

Sebagai seorang manusia yang penuh dengan salah dan dosa, tidak sepatutnya kita berlaku sombong dan merasa dirinya lebih tinggi derajatnya ketimbang yang lain. Dalam sholat berjamaah, kita diajarkan untuk tidak berlaku sombong. Apa buktinya ? ketika sholat berjamaah, semua terlihat sama, meskipun seorang jenderal, jika kita dating terlambat maka shof kita ada dibelakang. Meski kita seorang presiden, kita akan tetap mengikuti gerakan imam. Jika ruku maka ruku, jika sujud maka sujud. Akan salah jika kita merasa lebih tinggi derajatnya kita seenaknya, imamnya ruku kita sujud. Jika begitu rusaklah sholat kita.

·         Mengajarkan untuk taat kepada pemimpin

Kita sangat diharuskan mentaati perintah pemimpin jika perintah tersebut tidak melanggar perintah Allah. Dan semuany tercermin dalam sholat berjamaah. Betapa kita taat, mengikuti gerakan imam. Jika imam salah maka kita mengingatkan dengan cara berdzikir.
Demikian kurang lebih sedikit yang saya tahu tentang pelajaran yang diambil dalam sholat berjamaah. Jika ada salah atau tidak sesuai maka semua itu karena saya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan. Mari kita selalu berusaha untuk belajar dan mencoba untuk bisa berbuat lebih baik dari hari kemarin.

Semoga bermanfaat dengan tulisan sederhana ini. Terima kasih.

Sumber
http://nasrulloh-ibnutora.blogspot.co.id
Reactions:

0 comments: