NO WASTING TIME!

Friday, April 3, 2015

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Anak Tidak Diizinkan Memiliki Gadget di Kamar


Seiring perkembangan teknologi saat ini, tak heran jika anak-anak kebanyakan sudah memiliki gadget baik berupa smartphone maupun konsol game sendiri. Namun ingat, sebaiknya mereka tak membawa gadget-gadget tersebut sampai ke kamar tidur. Mengapa?

Studi yang dilakukan oleh University of California menyebutkan bahwa anak-anak yang terbiasa membawa dan memainkan gadget, termasuk tablet dan smartphone, ke kamar tidur memiliki kualitas dan jam tidur yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki atau tidak membawanya ke kamar tidur.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (6/1/2015), studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini menunjukkan bahwa lebih banyak efek negatif yang didapat anak dengan bermain gadget dibandingkan menonton televisi.

Dilakukan pada sekitar 2 ribu responden anak, didapatkan hasil bahwa mereka yang memiliki akses untuk bermain smartphone dan tablet di kamar tidur memiliki waktu tidur 21 menit lebih sedikit per malam dibandingkan anak-anak yang kamarnya bebas dari gadget. Mereka yang memiliki akses tersebut juga cenderung lesu dan merasa kurang tidur.

"Kehadiran gadget atau benda elektronik selain televisi dalam kamar tidur memiliki keterkaitan dengan pola istirahat yang cukup. Temuan ini diharapkan bisa membuat orang tua membatasi penggunaan gadget di kamar anaknya," ujar peneliti Jennifer Falbe dari University of California, Berkeley School of Public Health.

Alasannya, sinar dari gadget bisa menghambat pelepasan hormon serotonin dan melatonin yang berpengaruh pada rasa kantuk seseorang. Saat akan tidur, baiknya jauhkan semua gadget.

Selain mengganggu waktu tidur, penggunaan gadget berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, British Chiropractic Association (BCA) menyerukan agar seseorang berusaha menjauhkan gadgetnya ketika akan tidur.

source: detik.com
Reactions:

0 comments: